Thursday, October 24, 2013

Marcom & CRM

Marketing communications (marcom) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. (wikipedia)
Tujuan Marketing Communication antara lain :
  • Menginformasikan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan
  • Membujuk konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan
  • Mengingatkan bahwa produk yang ditawarkan tersebut masih 'exist'
Unsur – unsur Marketing Communications Mix :
  • Advertising / Pengiklanan, banyak orang yang mengetahui mengenai produk ataupun jasa yang ditawarkan tanpa dapat dibatasi orang yang melihat iklan tersebut. Contohnya : iklan di radio untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan
    Advertising dibagi menjadi 2, antara lain :
    Above The Line, orang yang melihat iklan produk atau jasa tidak dapat dibatasi . Contohnya : Media massa (radio, tv, koran, majalah)
    Below The Line, hanya orang tertentu yang melihat iklan yang dipasang (terlokalisir). Contohnya : banner – banner makanan di mall hanya dilihat orang yang lewat disekitar lokasi banner tersebut diletakkan
  • Public Relations atau biasa disebut dengan hubungan masyarakat (humas) adalah menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan.
    Public relation dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :
    Press Relation
    Product Promotions
    Corporate Communications
    Lobbying
    Advising Management
  • Sales Promotion, promo produk/jasa yang memiliki batasan waktu, contoh : promo discount di Matahari Dept. Store
    Sales Promotion dapat dilakukan dengan cara :
    Price deals : promo pada waktu tertentu
    Coupons : memberik kupon voucher potongan harga
    Rebates : cash back
    Cross Promotion : beli tas + sepatu harganya lebih murah daripada beli secara terpisah (bundling)
    Contest, Games, Sweeptakes : Lomba L-Men dengan menggunakan cowok sexy digunakan untuk memasarkan produk susu L-Men
    Premium : suatu toko memberikan hadiah tur pada pelanggan yang setia berbelanja disana
    Sampling : memberikan taster
    Advertising Specialities : Barter, contohnya : promo seminar gratis di radio dengan syarat pada brosur seminar dicantumkan logo radio sebagai sponsor
    Pesonal Selling : salesman yang menawarkan barang atau jasa
    Dirrect Marketing : penawaran produk menggunakan brosur
    N.B : Tidak semua metode sales promotion dapat dijalankan oleh suatu perusahaan, semuanya bergantung pada produk/ jasa yang ditawarkan

    Dalam suatu perusahaan yang baru berdiri penting adanya untuk menentukan tema di awal tahun , dari tema ini nantinya dapat diketahui apa saja yang dapat kita lakukan dalam 1 tahun.
    Menentukan tema usaha dalam 1 tahun dapat dilakukan dengan cara :
    • Mengumpulkan fungsi dan manfaat dari usaha yang dimiliki hingga 12 poin
    • 12 poin yang telah ditentukan natinya akan dapat digunakan sebagai tema bulanan usaha tersebut
    • Dari 12 poin tersebut, kemudian simpulkan menjadi tema besar perusahaan selama 1 tahun


No comments:

Post a Comment