Marketing communications (marcom)
adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk,
dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung
tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran
mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta
merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun
hubungan dengan konsumen. (wikipedia)
Tujuan Marketing Communication antara
lain :
- Menginformasikan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan
- Membujuk konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan
- Mengingatkan bahwa produk yang ditawarkan tersebut masih 'exist'
Unsur – unsur Marketing
Communications Mix :
- Advertising / Pengiklanan, banyak orang yang mengetahui mengenai produk ataupun jasa yang ditawarkan tanpa dapat dibatasi orang yang melihat iklan tersebut. Contohnya : iklan di radio untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkanAdvertising dibagi menjadi 2, antara lain :Above The Line, orang yang melihat iklan produk atau jasa tidak dapat dibatasi . Contohnya : Media massa (radio, tv, koran, majalah)Below The Line, hanya orang tertentu yang melihat iklan yang dipasang (terlokalisir). Contohnya : banner – banner makanan di mall hanya dilihat orang yang lewat disekitar lokasi banner tersebut diletakkan
- Public Relations atau biasa disebut dengan hubungan masyarakat (humas) adalah menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan.Public relation dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :Press RelationProduct PromotionsCorporate CommunicationsLobbyingAdvising Management
- Sales Promotion, promo produk/jasa yang memiliki batasan waktu, contoh : promo discount di Matahari Dept. StoreSales Promotion dapat dilakukan dengan cara :Price deals : promo pada waktu tertentuCoupons : memberik kupon voucher potongan hargaRebates : cash backCross Promotion : beli tas + sepatu harganya lebih murah daripada beli secara terpisah (bundling)Contest, Games, Sweeptakes : Lomba L-Men dengan menggunakan cowok sexy digunakan untuk memasarkan produk susu L-MenPremium : suatu toko memberikan hadiah tur pada pelanggan yang setia berbelanja disanaSampling : memberikan tasterAdvertising Specialities : Barter, contohnya : promo seminar gratis di radio dengan syarat pada brosur seminar dicantumkan logo radio sebagai sponsorPesonal Selling : salesman yang menawarkan barang atau jasaDirrect Marketing : penawaran produk menggunakan brosurN.B : Tidak semua metode sales promotion dapat dijalankan oleh suatu perusahaan, semuanya bergantung pada produk/ jasa yang ditawarkanDalam suatu perusahaan yang baru berdiri penting adanya untuk menentukan tema di awal tahun , dari tema ini nantinya dapat diketahui apa saja yang dapat kita lakukan dalam 1 tahun.Menentukan tema usaha dalam 1 tahun dapat dilakukan dengan cara :
- Mengumpulkan fungsi dan manfaat dari usaha yang dimiliki hingga 12 poin
- 12 poin yang telah ditentukan natinya akan dapat digunakan sebagai tema bulanan usaha tersebut
- Dari 12 poin tersebut, kemudian simpulkan menjadi tema besar perusahaan selama 1 tahun
No comments:
Post a Comment